• Status Order
  • Tlp: 08996846594
  • SMS/WA: 08996846594
  • BBM : D3875CDE
  • bikinkaossatuanpurwokerto@gmail.com
Terpopuler:

Orang Utan, Binatang Langka Dari Indonesia

21 April 2017 - Kategori Blog

Orang Utan, Binatang Langka Dari Indonesia. Orang utan adalah hewan langka yang di lindungi di taman nasional. Hewan ini asli Indonesia dan Malaysia, biasa juga di sebut dengan orang-utang (bukan orang yang ngutang ya hahaha). Dan di Indonesia hanya di temui di Sumatera.

Binatang berambut coklat ini senang tinggal di Pepohonan. Dia bisa makan, bermain dan tidur di atas pohon. Hihihi cocok sama kesukaaan makannya yang memang buah-buahan. Untuk mobilisasi, orang utan menggunakan ke empat tangan yang dimilikinya dalam bergelantungan dari satu dahan pohon ke pohon lainnya.

Dalam mencari makan, orang utan bisa berkelompok atau sendiri-sendiri. Di saat jumlah buah di pepohonan sedikit, biasanya mereka akan berpencar untuk mendapatkan makanan lainnya. Namun akan berkumpul bersama ketika menemukan pohon yang memiliki jumah buah banyak dan berlimpah.

Orang Utan Sumatera

Orang Utan Sumatera

Orang Utan juga terkenal sebagai primata yang cerdas. Ia memiliki kemampuan belajar, bisa mengenali diri mereka di cermin, bisa mengajarkan ketrampilan baru kepada sesamanya, serta bisa saling berkomunikasi dengan sesamanya hanya dengan melihat mata satu sama lain. Di beberapa penelitian, orang utan yang di ajari bisa menggunakan komputer layaknya manusia. Tidak mengherankan jika tingkat kemiripan DNA orang utan dengan manusia adalah 97% (wah saudara tuanya kita niy hihihi).

Terdiri atas 2 spesies yaitu Spesies Borneo dan Sumatra, saat ini orang utan berada dalam kondisi yang terancam populasinya karena perburuan oleh manusia, perdagangan binatang, juga karena rusaknya habitat tinggalnya. Dari tahun ke tahun jumlah orang utan yang masih hidup mengalami penurunan. Di Sumatra sendiri jumlahnya tidak lebih dari 15rb ekor saja.

Selain karena faktor-faktor luar di atas, salah satu yang menyebabkan pertumbuhan populasi orang utan kecil adalah karena memang masa kehamilan orang utan panjang, dengan jarak antar kelahiran juga lama. Orang utan betina hamil pertama kali pada usianya yang ke 15. Waktu mengandung hingga melahirkan adalah 8 bulan 10 hari. Sedangkan interval antar kelahiran antara 6-9 tahun. (Untuk orang utan Sumatera rata-rata 8-9 tahun).

Melihat kondisi orang utan yang semakin menurun populasinya, maka banyak lembaga-lembaga non profit yang melakukan konservasi dan perlindungan terhadap binatang langka ini. Sekaligus mereka juga melakukan edukasi dan kampanye untuk menekan laju kerusakan habitat hidup orang utan.

sumber : wikipedia, Sumatran Orang Utan, Orang Utan

, , , , , ,